5 July 2019
Category Security, Technology
5 July 2019,
 0

Dukungan Windows 7 Segera Berakhir, Apa Yang Harus Dilakukan ?

 

Microsoft secara resmi mengumumkan bahwa dukungan untuk Sistem Operasi Windows 7 akan berakhir pada 14 Januari 2020. Sistem Operasi ini sudah 10 tahun mendapat dukungan sejak pertama dirilis pada Oktober 2009.

Lalu apa dampaknya, dan apa yang harus kita lakukan ?. Berikut adalah penjelasan apa yang terjadi setelah berakhirnya dukungan Windows:

 

Tidak Ada lagi Security Update

Ketika Microsoft menghentikan dukungan terhadap OS Windows, maka mereka tidak lagi bekerja manangani isu keamanan pada OS tersebut, tidak ada lagi update patch rutin untuk menambal celah keamanan terbaru. Seperti yang terjadi pada Windows XP sekarang ini, mereka sudah tidak lagi mendapat security update. Walaupun beberapa waktu lalu sempat dikeluarkan update patch critical untuk ransomware WannaCry, tetapi ini pun hanya sekali. Jadi demikian juga yang akan terjadi pada Windows 7 setelah tanggal 14 Januari 2020 nanti, saat ada isu keamanan yang terdeteksi, maka anda harus menghadapinya sendirian tanpa dukungan dari pihak Microsoft.

Sebenarnya untuk situasi tertentu, pihak Microsoft masih bisa mengerjakan update pada OS yang sudah mereka hentikan dukungan nya, yang biasa disebut dengan istilah “custom support”. Ini adalah situasi dimana ada beberapa perusahaan besar yang perangkat IT nya masih menggunakan OS Windows versi lama yang sudah tidak didukung dan sedang dalam proses migrasi ke OS yang lebih baru, lalu mereka menandatangani semacam kontrak dengan pihak Microsoft agar tetap membuat update untuk mereka. Kita tidak bisa mendapatkan update semacam ini karena tidak dirilis secara bebas.

Mungkin anda berfikir bisa saja mengandalkan perlindungan antivirus, tetapi antivirus hanyalah lapisan luar yang tetap punya kelemahan jika dari OS nya sendiri tidak di update. Dan lagipula vendor antivirus nya sendiri pun perlahan juga akan menghentikan kompabilitasnya nya untuk OS yang sudah tidak mendapat dukungan.

 

Perangkat Lunak Pihak Ketiga Juga Akan Menghentikan Dukungan

Berhentinya dukungan Microsoft terhadap OS Windows secara tidak langsung memberikan sinyal kepada vendor perangkat lunak pihak ketiga untuk juga menghentikan dukungan nya. Semua aplikasi komputer yang berjalan di OS Windows perlahan akan mulai merilis versi baru yang hanya kompatibel dengan OS yang masih mendapat dukungan.

Hal ini tidak akan terjadi secara tiba-tiba, tetapi lambat laun pasti terjadi. Seperti yang terjadi pada Windows XP setelah Microsoft menghentikan dukungan nya pada 8 April 2014, aplikasi browser Chrome baru menghentikan dukungan pada Win XP dua tahun setelahnya, yaitu pada April 2016. Bahkan browser Mozilla baru menghentikan dukungannya pada Juni 2018 kemarin.

Rata-rata tenggang waktu antara berhentinya dukungan Microsoft dan dukungan aplikasi pihak ketiga pada OS Windows adalah 2 tahun.

 

Perangkat Keras Keluaran Terbaru Akan Tidak Kompatibel

Jika anda merakit komputer dengan perangkat keras keluaran terbaru lalu menginstallnya dengan OS yang sudah tidak didukung, maka kemungkinan besar perangkat keras tersebut tidak akan berfungsi. Karena seperti yang sudah kita ketahui, untuk berkomunikasi antara hardware dan software diperlukan “driver”, dan vendor dari perangkat keras keluaran terbaru pasti menggunakan driver yang hanya kompatibel dengan OS terbaru.

Bahkan CPU keluaran terbaru Intel yang sekarang ini (Kabylake), sudah tidak mendukung Windows 7 dan Windows 8.1, yang padahal kedua OS tersebut masih mendapat dukungan dari Microsoft, terlebih Win 8 yang masih lama dukungannya.

Anda tetap masih bisa mempertahankan OS dengan hardware yang sudah terpasang saat ini, tetapi ketika anda ingin mengupgrade salah satu hardware, bisa jadi akan muncul masalah kompabilitas dengan OS.

 

Lalu, Apa Yang Harus Dilakukan ?

Dari semua penjelasan diatas, maka langkah terbaik yang harus dilakukan adalah migrasi OS Windows 7 anda ke yang lebih baru. Disarankan untuk langsung ke Windows 10.

Ada kebijakan dari pihak Microsoft yang membuat pengguna Windows 7 bisa upgrade OS ke Windows 10 secara gratis dengan menggunakan product key Win 7 yang ada. Anda bisa mencobanya dengan mengikuti langkah-langkah di artikel berikut: Upgrade Gratis Ke Windows 10 dengan Product Key Windows 7

Semoga tulisan ini bermanfaat, terimakasih.


 

Share:

Comments are closed.

Next Post
Tombol "Sign In With Apple" Belum Aman Digunakan   Pada…