19 July 2019
19 July 2019,
 0

Anda mungkin sekarang sudah sangat dipusingkan oleh banyak kata sandi, tetapi kami meyakinkan anda bahwa sangat penting untuk mengingat semuanya dan juga sering mengubahnya secara berkala. Jangan menggunakan sandi yang sama untuk berbagai akun, dan jangan yang terkait dengan hal pribadi tentang anda (ulang tahun, tim sepak bola favorit, hewan peliharaan, dll.).

Hal ini masuk akal dan kami tidak akan berhenti mengingatkan anda, tetapi kami juga sadar bahwa mengingat begitu banyak kata sandi yang kompleks itu sulit. Karena itu, kami memiliki beberapa trik kecil yang akan membantu Anda mengingat semua kata sandi yang sulit ditebak!

 

1. PIKIRKAN KALIMAT

Pikirkan perkataan atau kalimat yang berarti bagi anda dan jika bisa hanya anda yang mengerti. Sebaiknya tidak terlalu pendek dan tidak mudah ditebak, tetapi yang anda tidak mudah melupakannya. Jika itu berisi huruf besar dan kecil lebih bagus, dan jika mengandung simbol bahkan lebih baik. Misalnya seperti kalimat berikut: “Di Warteg Sebelah Nasi Rames Harga Rp 10K”. Nah sekarang, ambil huruf pertama dari setiap kata dan anda akan mendapatkan kata ini: “DWSNRHRp10K”, ini merupakan kata sandi yang cukup baik. Atau jika anda tidak dapat memikirkan apa pun, mungkin bisa menggunakan judul lagu favorit anda.

 

2. GABUNGKAN DUA KATA

Pilih dua kata (sekali lagi, yang berarti mudah diingat bagi anda) dan buat kata yang berbeda dengan mencampur huruf-hurufnya. Jika anda telah memilih “Beards” dan “Lighters”, basis untuk kata sandi baru anda adalah “BLeiagrhdtsrs”. Itu tidak mengandung angka atau simbol apa pun, tetapi anda dapat dengan mudah memperkuatnya dengan mengikuti beberapa contoh lagi yang akan kami sampaikan kepada anda di bawah ini.

 

3. UBAH HURUF VOKAL KE NOMOR

Ini adalah trik yang sudah diketahui oleh penjahat cyber, tetapi bisa berfungsi dengan baik sebagai tambahan untuk metode kata sandi yang berbeda. Mengambil contoh sebelumnya, kata sandi kami “BLeiagrhdtsrs” menjadi “BL314grhdtsrs”. Menambahkan beberapa simbol akan membuatnya sempurna untuk digunakan.

 

4. HAPUS HURUF VOKAL

Alih-alih menggantinya dengan angka seperti pada contoh sebelumnya, kita dapat menghapus vokal sepenuhnya. Jika kita menggunakan kata “BLeiagrhdtsrs” , maka ubah kata sandinya akan menjadi “BLgrhdtsrs”. Pastikan untuk menambahkan beberapa angka dan simbol tambahan untuk membuatnya lebih aman.

 

5. TRIK KEYBOARD

Pertama-tama, pilih urutan angka yang mudah diingat (kode pos, misalnya), sebagai contoh kita ambil angka 28921. Sekarang, cari angka pada keyboard dan alih-alih menggunakan angka, kita juga gunakan tiga huruf tepat di bawah mereka: alhasil kita akan mendapatkan “2wsx8ik9ol2wsx1qaz”. Untuk membuatnya sedikit lebih rumit, anda dapat mengubah salah satu karakter untuk simbol dan memasukkannya ke huruf besar.

 

6. CAMPURKAN NOMOR DAN KATA

Yang ini cukup mudah, jadi mari kita bayangkan kita menggunakan kata “Beards” dan angka “28921”. Jadi jika kita gabungkan bersama, satu huruf dan angka sekaligus, dan sebaliknya, kita akan mendapatkan “B1e2a9r8d2s”. Tinggal ditambah simbol untuk membuatnya lebih kuat, tapi ini saja sebenarnya sudah cukup.

 

7. GUNAKAN AKUN SEBAGAI DASAR

Menggunakan kata sandi yang sama untuk berbagai akun dan situs web adalah ide yang buruk, tetapi trik sederhana dapat mengubah kata sandi anda menjadi kata sandi yang bisa digunakan untuk akun yang berbeda. Misalnya, jika anda ingin mendaftar ke Facebook, anda dapat menambahkan “FB” di awal atau akhir kata sandi. anda juga dapat mencoba variasi nama situs web dengan mencampur huruf besar dan kecil, simbol, dan angka hingga anda memiliki kata sandi yang anda sukai. Jika kita tetap menggunakan contoh dari atas, kita akan mendapat dua versi ini:

Fb_B1e2a9r8d2s

atau

B1e2a9r8d2s-F4c3B00k

 

8. MENGGUNAKAN DADU

Sistem ini sedikit lebih rumit, tetapi jika seorang gadis berusia 11 tahun dapat melakukannya, tidak ada alasan mengapa anda tidak bisa. Metode yang digunakan, yang dikenal sebagai Diceware, menghasilkan kata sandi yang sepenuhnya acak – yang sangat kuat dan aman – dengan menggulirkan dadu dan daftar kata. anda dapat mempelajarinya di artikel dalam bahasa inggris ini.

 

9. MEMAKAI GAYA SUDOKU

Ini akan membuat anda menjadi kreatif, jadi ambil pena dan kertas dan gambarlah 6 × 6 persegi, dengan angka acak di masing-masing blok. Sekarang gerakkan jari anda di atas Sudoku yang baru saja anda gambar, dengan berpikir seolah-olah anda sedang membuka kunci layar ponsel anda. Angka-angka yang baru saja anda sentuh akan membentuk kata sandi anda, tinggal anda tambahkan beberapa huruf dan simbol untuk memperkuat. Ini mungkin metode terbaik diantara yang lain. Jika anda mengubah angka yang anda tempatkan di blok, gerakan yang sama dengan jari anda akan memberi anda kode baru. Jadi dengan hanya mengingat gerakan dan menjaga selembar kertas sudoku yang berisi angka tersebut, anda akan memiliki sumber kata sandi yang tak terbatas.

 

10. TIPS FINAL: JANGAN MENGIKUTI CARA YANG SUDAH UMUM

Beberapa peretas tidak hanya pintar, tetapi mereka juga mendedikasikan banyak waktu untuk memikirkan cara menebak kata sandi. Mereka tahu semua metode ini, jadi kemampuan anda untuk melampaui mereka tergantung pada bagaimana anda menggabungkan berbagai huruf atau angka yang membentuk dasar kata sandi anda. Jadi, cobalah untuk berpikir sedikit di out of the box, karena semakin tidak konvensional kata sandi anda, semakin sulit bagi mereka untuk menebaknya.

 


 

Share:

Comments are closed.

Next Post
Rata-rata orang Indonesia menghabiskan waktu 4-5 jam sehari untuk browsing…