Apakah Mode Incognito Aman Untuk Privasi Dan Komputer Anda

Apakah Mode Incognito Aman Untuk Privasi Dan Komputer Anda ?


Privasi dan keamanan merupakan hal yang sulit kita dapatkan ketika kita menjelajahi internet. Semua riwayat penjelajahan kita akan tersimpan dan akan menjadi data yang digunakan oleh perusahan besar untuk keuntungan pribadi. Salah satu cara yang bisa kita gunakan untuk mengurangi pencurian data tersebut adalah menggunakan fitur Incognito Mode. Incognito merupakan sebuah fitur yang ada pada browser modern seperti Chrome, Mozila Firefox, Safari, dan lain-lain yang memungkinkan kita untuk tidak menyimpan informasi yang kita akses di internet seperti cache, cookies, password dan history.

incognito

Saat Anda membuka mode incognito maka browser akan menampilkan pesan, “Sekarang Anda dapat menjelajah secara pribadi, dan orang lain yang menggunakan perangkat ini tidak akan melihat aktivitas Anda.” Hal ini menimbulkan anggapan bahwa tidak ada yang bisa melihat apa yang Anda lihat.

Tetapi pada kenyataannya incognito tidak menawarkan perlindungan dari operator situs web dan pengiklan. Misalnya, apa pun yang Anda cari akan tetap disimpan di profil Google Anda. Dan berbagai pelacak iklan akan terus melacak Anda di web, menambahkan aktivitas “rahasia” Anda ke apa yang sudah mereka ketahui tentang Anda.

Pengiklan juga menggunakan teknologi yang dikenal sebagai ‘ geolokasi ‘ untuk mencari tahu di mana Anda berada. Mereka menggunakan informasi ini untuk menampilkan iklan untuk produk dan layanan di daerah Anda, terutama ketika menggunakan ponsel Anda.

Kesalahpahaman umum lainnya adalah bahwa penjelajahan incognito melindungi komputer Anda dari malware dan virus. Dan lagi, ini sama sekali tidak benar. Mode penyamaran tidak memberikan perlindungan keamanan tambahan . Jika malware dapat menginstal melalui browser Anda dalam mode “biasa”, maka begitupun dengan penggunaan mode incognito.

Jadi, ada 2  kesimpulan:

  1. Mode incognito / mode penyamaran pada browser tidak bisa secara total mengamankan privasi Anda. Data penjelajahan internet Anda masih bisa terlihat oleh pihak-pihak tertentu, dan bisa saja dibobol dan dicuri oleh hacker.
  2. Mode incognito / mode penyamaran pada browser sama sekali tidak melindungi Anda dari serangan / malware yang datang dari internet. Untuk pengamanan internet, Anda butuh solusi internet security.

Satu-satunya cara untuk menghindari serangan malware adalah menggunakan solusi Antimalware khusus seperti Panda Adaptive Defense 360.

Panda adaptive Defense 360 dengan kemampuannya dalam memonitor seluruh proses yang berjalan pada sistem komputer dan mengklasifikasikan 99,98% dari seluruh jenis malware (bahkan untuk jenis malware yang belum diketahui), tentunya akan membuat komputer menjadi jauh lebih aman.


Next Post
Akhir-akhir ini banyak serangan cyber yang terjadi seperti pada report…