23 November 2018
23 November 2018,
 Off

LAN (Local Area Network) adalah suatu jaringan yang di mana perangkat keras dan perangkat lunak bisa saling berkomunikasi dalam daerah yang terbatas. LAN hanya bisa menjangkau daerah yang sangat terbatas. misalnya hanya dapat menjangkau dalam satu gedung saja.  LAN salah satu jenis jaringan yang paling sering digunakan dalam perusahaan. LAN (Local Area Network) memiliki beberapa teknologi, antara lain:

  1. Ethernet
  2. Fast-Ethernet
  3. Giga-Ethernet
  4. Virtual LAN

Ethernet

Ethernet adalah teknologi LAN yang banyak digunakan. Teknologi ini ditemukan oleh Bob Metcalfe dan D.R. Boggs pada tahun 1970. Di standarisasi dengan nama IEEE 802.3 pada tahun 1980.

Ethernet shares media. Jaringan yang menggunakan media bersama memiliki probabilitas collision data yang tinggi. Ethernet menggunakan teknologi Carrier Sense Multi Access / Collision Detection (CSMA / CD) untuk mendeteksi collision. di Ethernet, semua hosts roll back,  tunggu beberapa waktu, lalu kirim kembali data.

Konektor Ethernet adalah network interface card yang dilengkapi dengan alamat MAC 48-bit. Ini membantu perangkat Ethernet lain untuk mengidentifikasi dan berkomunikasi dengan perangkat jarak jauh di Ethernet.

Ethernet tradisional menggunakan spesifikasi 10BASE-T. Angka 10 melukiskan kecepatan 10MBPS, BASE adalah singkatan dari baseband, dan T adalah singkatan dari Thick Ethernet. Ethernet 10BASE-T menyediakan kecepatan transmisi hingga 10MBPS dan menggunakan kabel koaksial atau kabel twisted pair Cat-5 dengan konektor RJ-45. Ethernet mengikuti topologi star dengan panjang segmen hingga 100 meter. Semua perangkat terhubung ke hub / switch dalam topologi star.

Fast-Ethernet

Untuk mencakup kebutuhan teknologi software dan hardware yang berkembang pesat, Ethernet memperluas dirinya sebagai Fast-Ethernet. Ini bisa berjalan di UTP, Fiber Optik, dan tanpa kabel juga. Ini bisa memberikan kecepatan hingga 100 MBPS. Standar ini dinamakan sebagai 100BASE-T di IEEE 803.2 menggunakan kabel twisted pair Cat-5. Ini menggunakan teknik CSMA / CD untuk berbagi media kabel di antara host Ethernet dan teknik CSMA / CA (CA singkatan dari Collision Avoidance) untuk LAN Ethernet nirkabel.

Fast Ethernet pada fiber didefinisikan di bawah standar 100BASE-FX yang memberikan kecepatan hingga 100 MBPS pada fiber. Ethernet over fiber dapat diperpanjang hingga 100 meter dalam mode half-duplex dan dapat mencapai maksimum 2000 meter di full-duplex over multimode fibers.

Giga-Ethernet

Setelah diperkenalkan pada tahun 1995, Fast Ethernet dapat menikmati status kecepatan tinggi hanya selama 3 tahun sampai Giga-Ethernet diperkenalkan. Giga-Ethernet menyediakan kecepatan hingga 1000 mbits / detik. IEEE802.3ab membakukan Giga-Ethernet melalui UTP menggunakan kabel Cat-5, Cat-5e dan Cat-6. IEEE802.3ah mendefinisikan Giga-Ethernet over Fiber.

Virtual LAN

LAN menggunakan Ethernet yang pada gilirannya bekerja pada media bersama. Media bersama di Ethernet membuat satu domain Siaran tunggal dan satu domain colision. Pengenalan switch ke Ethernet telah menghapus masalah domain collision dan setiap perangkat terhubung untuk berpindah bekerja di domain collision terpisah. api bahkan Switch tidak dapat membagi jaringan ke dalam domain Siaran yang terpisah.

Virtual LAN adalah solusi untuk membagi satu domain Broadcast menjadi beberapa domain Broadcast. Host dalam satu VLAN tidak dapat berbicara dengan host lain. Secara default, semua host ditempatkan pada VLAN yang sama.

Dalam diagram diatas, VLAN yang berbeda digambarkan dalam kode warna yang berbeda. Host dalam satu VLAN, bahkan jika terhubung dengan Switch yang sama tidak dapat melihat atau berbicara dengan host lain di VLAN yang berbeda. VLAN adalah teknologi Layer-2 yang bekerja erat pada Ethernet. Untuk merutekan paket antara dua VLAN yang berbeda, memerlukan Layer-3 seperti Router agar host bisa berkomunikasi.

Sumber : www.sistem-informasi

www.qtera.co.id

Comments are closed.