3 October 2018
3 October 2018,
 Off

Antivirus adalah sebuah jenis perangkat lunak yang digunakan untuk mengamankan, mendeteksi, dan menghapus virus komputer dari sistem komputer. Antivirus disebut juga perangkat lunak perlindungan virus. Program ini dapat menentukan apakah sebuah sistem komputer telah terinfeksi dengan sebuah virus atau tidak. Umumnya, perangkat lunak ini berjalan di latar belakang dan melakukan pemindaian terhadap semua berkas yang diakses (dibuka, dimodifikasi, atau ketika disimpan).
Antivirus-antivirus terbaru sekarang tidak hanya mendeteksi virus. Program antivirus sekarang juga telah dilengkapi dengan kemampuan untuk mendeteksi perangkat pengintai, kit-akar, dan perangkat perusak lainnya. Tidak hanya itu, antivirus sekarang dilengkapi dengan firewall untuk melindungi komputer dari serangan peretas dan anti spam untuk mencegah masuknya email sampah dan/atau virus ke kotak masuk pengguna.

Cara kerja

Pada umumnya, cara kerja antivirus adalah:

• Pendeteksian dengan menggunakan basis data virus signature (virus signature database) :

Cara kerja antivirus ini merupakan pendekatan yang banyak digunakan oleh antivirus tradisional, yang mencari tanda-tanda dari keberadaan dari virus dengan menggunakan sebagian kecil dari kode virus yang telah dianalisis oleh vendor antivirus, dan telah dikatalogisasi sesuai dengan jenisnya, ukurannya, daya hancurnya dan beberapa kategori lainnya. Cara ini terbilang cepat dan dapat diandalkan untuk mendeteksi virus-virus yang telah dianalisis oleh vendor antivirus, tetapi tidak dapat mendeteksi virus yang baru hingga basis data virus signature yang baru diinstalasikan ke dalam sistem. Basis data virus signature ini dapat diperoleh dari vendor antivirus dan umumnya dapat diperoleh secara gratis melalui unduh atau melalui berlangganan.

• Pendeteksian dengan melihat cara bagaimana virus bekerja: Cara kerja antivirus seperti ini merupakan

pendekatan yang baru yang dipinjam dari teknologi yang diterapkan dalam Intrusion Detection System (IDS). Cara ini sering disebut juga sebagai Behavior-blocking detection. Cara ini menggunakan policy (kebijakan) yang harus diterapkan untuk mendeteksi keberadaan sebuah virus. Jika ada kelakuan perangkat lunak yang “tidak wajar” menurut policy yang diterapkan, seperti halnya perangkat lunak yang mencoba untuk mengakses address book untuk mengirimkan surel (email) secara massal terhadap daftar surel yang berada di dalam address book tersebut (cara ini sering digunakan oleh virus untuk menularkan virus melalui surel), maka antivirus akan menghentikan proses yang dilakukan oleh perangkat lunak tersebut

Salah satu jenis antivirus adalah Panda Free Anti Virus
Panda Global Protection, merupakan salah satu produk dari perusahaan asal Spanyol yang bernama Panda Security. Perusahaan ini memang mengkhususkan diri dalam menciptakan solusi keamanan cyber (cyber security). Awalnya Panda Security berfokus pada pembuatan perangkat lunak antivirus saja, namun saat ini Panda Security telah memperluas lini bisnisnya ke layanan cyber security yang lebih canggih dengan memproduksi teknologi untuk mencegah cyber crime.

Tampilan Panda Global Protection

Kelebihan Panda Global Protection

1. Ringan di jalankan oleh komputer dengan spedifikasi minimal

Sebagaimana di publikasikan secara resmi melalui situs web Panda Security, Panda Global Protection hanya membutuhkan komputer dengan processor minimal Pentium 300 MHz, memory (RAM) minimal 256 MB, dan ruang kosong pada hard disk sebesar 240 MB. Anda dapat menjalankan Panda Global Protection pada komputer dengan spesifikasi perangkat keras tersebut di atas dengan sistem operasi mulai dari Windows XP SP3, Windows Vista, Windows 7, Windows 8/8.1, atau Windows 10.

Untuk komputer dengan sistem operasi Linux nampaknya sampai saat ini Panda Security belum menyediakan versi yang sesuai, namun untuk pengguna perangkat mobile dengan sistem operasi Android atau perangkat mobile dengan sistem operasi MacOS X (Mac, iPhone, iPad, dan iPod touch) tersedia untuk di unduh secara gratis dari situs web resminya.

2. Mudah digunakan oleh pengguna awam sekalipun

Panda Global Protection mengusung antar muka aplikasi yang relatif mudah di gunakan, Anda tidak perlu repot memperbaharui database Antivirus secara manual karena pembaruan (update) akan dilakukan secara otomatis dan real-time, Anda juga tidak akan di minta untuk mengatur konfigurasi aplikasi yang kompleks karena Panda Global Protection akan secara otomatis menyesuaikan konfigurasi aplikasi dengan sistem (perangkat keras, sistem operasi, dan perangkat lunak) yang Anda gunakan.

3. Jauh lebih aman di bandingkan dengan antivirus konvensional

Setiap perangkat lunak antivirus yang di tawarkan Panda Security baik versi gratis maupun berbayar, di lengkapi dengan teknologi TruPrevent, TruPrevent merupakan seperangkat teknologi yang di kembangkan oleh Panda Security untuk perlindungan yang proaktif tidak seperti antivirus konvensional yang menyediakan perlindungan reaktif.

Konsep dasarnya sama dengan Cloud Computing dengan model SECaaS atau SaaS (Security as a Service), perlindungan yang di tawarkan berasal dari awan (cloud) sehingga Panda Global Protection tidak mengunduh pembaruan berupa file yang di simpan di hard disk dan tidak pula melakukan pembaruan secara rutin (harian, mingguan, bulanan) layaknya antivirus konvensional, pembaruan di lakukan secara real-time di cloud.

Sumber : https://www.jawarafile.com
www.qtera.co.id

Comments are closed.