20 November 2019
20 November 2019,
 Off

Ada banyak sekali jenis malware yang berhasil dikembangkan oleh Hacker,salah satunya adalah Spyware.Spyware merupakan software atau aplikasi yang dibuat untuk memantau aktivitas pengguna perangkat dan biasanya akan menampilkan  banyak iklan.Spyware pertama kali ditemukan  oleh Gregor Feund pada tahun 1995. Gregor Feund menemukan Spyware ini pad sistem model bisnis Microsoft. Spyware ini juga digunakan oleh pemerintah sebagai media untuk awalan dari Cyber War antar negara.

Setelah menjelaskan tentang sedikit pengertian dari Spyware,kami akan menjelaskan tentang salah satu jenis Spyware yaitu Pegasus.Untuk lebih jelasnya simak ulasan berikut ini…

Pegasus merupakan salah satu jenis Spyware yang dibuat untuk tujuan memantau aktivitas pengguna internet.Pemantauan itu meliputi data lokasi,SMS,riwayat browsing,email,panggilan telepon,dan lain-lain.Spyware  ini juga bisa menjangkiti sebuah perangkat melalui tautan yang dikirim via SMS.

Pegasus dibuat oleh Perusahaan Israel bernama NSO Group.Akhir-akhir ini jenis Spyware yang satu ini mendadak terkenal karena dia berhasil menyerang 1400 pengguna Whatsapp diseluruh dunia. Kebanyakan Spyware Pegasus mengeksploitasi keamanan Whatsapp karena ketika berhasil Pegasus langsung dapat mengambil alih perangkat.

Salah satu pencegahan untuk terhindar dari Spyware Pegasus ini adalah selalu menggunakan aplikasi dan sistem operasi yang terupdated/terbaru.Spyware ini merupakan salah satu jenis Spyware yang sulit terdeteksi karena targetnya yang sedikit dan ditentukan.Selain itu Spyware ini menggunakan teknologi yang sangat canggih sehingga sulit terdeteksi oleh sistem keamanan.

Gejala-gejala ponsel ponsel yang terjangkit Pegasus ini sama dengan Spyware lainnya yaitu baterai cepat habis dan kuota yang cepat habis juga walaupun tidak dipakai untuk berinternet.Pegasus ini dapat menyerang sistem operasi IOS dan Android pada perangkat gadget.

Untuk menginfeksi perangkat Android, Pegasus memanfaatkan metode rooting atau Frameroot. Sementara iOS, spyware ini menggunakan metode jailbreak atau proses menghilangkan batasan yang diberlakukan oleh Apple.

Setidaknya ada 9 merk ponsel yang sudah terjangkit Spyware Pegasus ini diantaranya:

-Huawei P20

-Pixel 2

-Xiaomi A1

-Moto Z3

-Xiaomi Redmi 5A

-Ponsel LG Oreo

-Xiaomi Redmi Note 5

-Samsung S7,S8,dan S9

-Oposisi A3

 

Sekian dan semoga bermanfaat…

 

Baca Juga:

https://www.qtera.co.id/bahaya-memakai-software-bajakan/

 

Comments are closed.

Next Post
Hampir semua dari kalian pasti pernah melihat film perang bukan?…