Bahaya Memakai Software Bajakan


Software merupakan aplikasi yang terinstal pada sebuah perangkat computer.Software ini terbagi menjadi 2 yaitu software bawaan yang berasal dari windows dan software yang diinstal oleh user. Kadang kala user yang menggunakan software instalan itu diharuskan membeli atau berlangganan untuk mendapatkan fitur-fitur yang ada di aplikasi tersebut.

Namun yang menjadi masalah adalah ketika orang-orang berusaha memodifikasi atau mengubah sebuah software,yang awalnya berbayar menjadi gratis. Inilah yang dinamakan software bajakan. Software bajakan ini meliputi semua jenis software namun kebanyakan software yang dibajak itu jenisnya adalah editing. Ada editing gambar,editing video,dan desain-desain.

Nah kebanyakan para user tidak tahu bahayanya memakai software bajakan ini.Disini kami akan jelaskan seberapa bahayanya ketika memakai software bajakan…

1.Rentan Virus

            Yang pertama adalah rentan virus. Saat user menginstal sebuah software bajakan,tentunya user harus mematikan antivirus yang terinstal pada komputernya.Nah karena ini computer menjadi rentan terhadap virus. Alasan lain karena biasanya user mendownload software bajakan ini melalui sumber atau link yang tidak terjamin keamanannya.Bisa saja software itu diselipkan virus sebelumnya dan computer user akan terjangkiti oleh virus tersebut.

2.Tidak Mendapatkan Update

            Yang kedua adalah tidak mendapatkan update.Karena developer hanya memberikan update dan memperbaiki bug bagi software orinya,dan software bajakan tidak mendapatkan update ataupun perbaikan bug

3.Kinerja Yang Kurang Maksimal

Yang selanjutnya adalah kinerja yang kurang maksimal. Walaupun terlihat sama,tetapi software ori dan bajakan itu sangat berbeda.Apalagi tentang kinerjanya.Software ori lebih maksimal kinerjanya karena memang dikelola langsung oleh developer.

 4.Data-data Yang Rentan Hilang

            Karena keamanan yang kurang ketat,bukan tidak mungkin data-data anda akan terancam hilang dan terhapus dari computer anda.Biasanya data-data yang hilang akibat dari computer yang telah terjangkit karena telah menginstal software bajakan itu.

5.Sulit Dihapus

            Ada beberapa masalah yang terjadi saat penggunaan software bajakan,salah satunya adalah tidak berfungsi dengan semestinya. Setelah itu mungkin anda ingin langsung menghapusnya bukan?Namun ada beberapa software bajakan yang sangat sulit dihapus.Alasan paling besar yaitu komputernya yang sudah terjangkit virus.Kesulitan uninstall ini tentunya menjadi masalah bagi kinerja computer yang tak lagi maksimal.

Kesimpulannya adalah software ori dan software bajakan sangat jauh berbeda. Mungkin bagi jangka waktu yang pendek,software bajakan menjadi pilihan karena murah bahkan gratis.Namun bagi jangka waktu yang lumayan panjang,software ori menjadi pilihan karena kinerja nya yang baik dan maksimal.

Dan ingat jangan pernah memakai software bajakan karena perbuatan itu melanggar hokum dan tidak menghargai karya developernya.

Sekian semoga bermanfaat

Baca Juga :

Cryptocurrency Mining

 


Next Post
Pengertian   Juice jacking adalah teknik hacking dengan cara memodifikasi…