Peluang Scammer di masa COVID-19

Peluang Scammer di masa COVID-19


Pandemi ini membuat pola kerja berubah. Bagi sebagian orang berkerja di rumah adalah pilihan, karena adanya kebijakan dari Pemerintah. Pada kesempatan seperti ini banyak penjahat cyber yang mengambil keuntungan, terutama pada orang-orang yang tidak terbiasa bekerja jarak jauh. Berikut akan dibahas kasus penipuan yang sering terjadi.

 

Penipuan yang sering terjadi

Penipuan dengan meminta sumbangan untuk membeli alat pelindung diri atau mendanai perjuangan COVID-19 secara keseluruhan. Penipuan ini memanfaatkan keterpedulian manusia untuk saling membantu. Banyak cara yang dilakukan oleh para hacker untuk mendapatkan uang dimasa ini sehingga kita harus sangat berhati-hati baik dari serangan penipuan ataupun serangan malware.

Informasi palsu bukan satu-satunya efek samping yang menyertai ketakutan coronavirus. European Center Bank (ECB) mengeluarkan pernyataan yang meminta lembaga untuk siap menghadapi peningkatan penipuan terkait keamanan siber, yang ditujukan untuk pelanggan dan lembaga. Penipuan sudah mulai muncul dalam bentuk email yang berisi file berbahaya. Pernyataan yang sama mendorong organisasi untuk juga bersiap menghadapi peningkatan serangan cyber , dan ketergantungan yang lebih tinggi pada layanan perbankan jarak jauh karena semakin banyak orang diperkirakan akan tetap terkunci selama puncak wabah.

Jaga diri anda dan perangkat anda dari berbagai serangan cyber dengan perlindungan penuh dan terpercaya dari Panda security. Beberapa tips yang bisa anda jalankan diantaranya:

  • Cegah dan lindungi perngkat dari mengakses tautan-tautan berbahaya.
  • Pastikan informasi dari sumber yang terpercaya.
  • Jangan percaya jika ada info dari sumber yang sifatnya meragukan.
  • Selalu memverifikasi keaslian sebelum memulai percakapan, terlebih jika yang menghubungi mengaku sebagai orang dari organisasi kesehatan atau Pemerintahan.
  • Gunakan perlindungan dari Panda security untuk memblock situs-situs yang dianggap berbahaya.
  • Gunakan firewall dan VPN untuk pengamanan perangkat.

 

Terakhir, pastikan bahwa malware tidak dapat mengambil alih komputer Anda atau mencuri data Anda dengan mengunduh uji coba antivirus Panda 30 hari gratis.


Next Post
Para peretas kemungkinan telah berhasil mencuri informasi sensitif dari beberapa…