25 November 2019
25 November 2019,
 Off

Ada beberapa masalah yang dialami oleh pengguna komputer atau laptop.Salah satunya adalah restart sendiri.Mungkin bagi beberapa kejadian,penyebabnya adalah virus yang menjangkiti perangkat.Namun tidak selamanya juga tentang virus.Ada alasan lain yang ternyata menjadi penyebab terjadinya komputer restart sendiri.Berikut ini adalah beberapa penyebabnya…

1.Temperatur dalam CPU

Yang pertama adalah suhu dalam CPU.Saat CPU mengalami kepanasan atau overheat,bukan tidak mungkin komputer akan merestart sendiri.Ada beberapa penyebab mengapa CPU  dapat kepanasan,salah satunya adalah menjalankan aplikasi berat seperti editing video dan game.Saat komputer menjalankan aplikasi tersebut,Processor akan berkerja  sangat keras sehingga membuat ketidakstabilan suhu pada CPU.Itulah alasan mengapa komputer dapat restart sendiri.

2,Kinerja Heatsink

Setiap CPU pasti memiliki heatsink yang berguna untuk mendinginkan(terutama untuk processor).Namun seiring waktu berjalan heatsink tak mampu bekerja seperti  sedia kala.Karena itulah kadang heatsink yang performanya menurun akan membuat komputer merestart sendiri.Alasannya karena heatsink yang tak bisa mendinginkan CPU yang mengalami panas berlebih.

3.Ram yang bermasalah

Yang ketiga adalah masalah pada RAM.Ada beberapa alasan mengapa RAM menjadi penyebab komputer suka merestart sendiri.Salah satunya adalah RAM yang kotor.Anda bisa mencoba membersihkan pin-pinnya dengan penghapus pinsil. Lalu pastikan RAM terpasang dengan benar.Selain RAM yang kotor,kapasitas RAM juga menjadi salah satu sebab komputer restart.Contohnya ketika anda ingin menjalankan program yang berat dan yang membutuhkan ruang penyimpanan yang banyak,tetapi kapasitas RAM anda tidak mencukupi, maka akan terjadi low memory yang mengakibatkan komputer restart. Untuk mengatasinya anda bisa menambah kapasitas RAM anda.

4.VGA

Yang selanjutnya adalah VGA.Salah satu alasan mengapa VGA menjadi penyebab komputer suka restart adalah karena VGA mempunyai fan atau kipas sendiri.Biasanya komputer restart terjadi ketika kipas tak berfungsi dengan semestinya.Jika kipas tak berfungsi dengan semestinya atau lebih parahnya tak berputar,bukan tidak mungkin panas di VGA akan bertambah dan membuat komputer merestart otomatis.Solusi untuk masalah VGA ini adalah pastikan Fan pada VGA berfungsi dengan baik,namun lebih baik diganti dengan yang baru.

Demikian ulasan beberapa cara mengatasi komputer restart sendiri.seperti; rusaknya komponen seperti VGA, Hardisk atau juga RAM; serta permasalahan pada system pendinginan yang menyebabkan processor, chipset, atau juga VGA overheating yang bisa mengakibatkan komputer restart. Untuk mengatasinya anda harus memeriksa komputer, dan menemukan penyebabnya terlebih dahulu.

Comments are closed.

Next Post
Pengertian Bunyi Beep merupakan suara yang dikeluarkan oleh perangkat output…