Adware adalah: Arti, Cara Kerja, Pencegahannya


Dalam era digital yang penuh dengan inovasi teknologi, kita sering kali terjebak dalam aliran informasi dan hiburan yang disertai dengan iklan. Namun, di balik riuh rendah warna-warni iklan yang tampaknya tidak berbahaya, ada ancaman yang mungkin telah merayap masuk ke perangkat kita tanpa sepengetahuan kita. Adware, kependekan dari “advertising-supported software,” adalah jenis program berbahaya yang menyembunyikan dirinya di balik tirai iklan dan sering kali membawa konsekuensi yang tidak diinginkan. Dalam artikel ini, kita akan memperdalam dunia malware yang satu ini, menjelajahi cara kerjanya, risiko yang terkait, dan bagaimana kita dapat melindungi perangkat kita dari serbuan iklan yang tidak diundang.

Pengertian Adware

Adware adalah singkatan dari “advertising-supported software,” yang dalam bahasa Indonesia dapat diartikan sebagai perangkat lunak yang didukung oleh iklan. Adalah jenis perangkat lunak yang dirancang untuk menampilkan iklan kepada pengguna, baik dalam bentuk pop-up, banner, atau jenis iklan lainnya. Tujuan utama dari adware adalah menghasilkan pendapatan melalui iklan yang ditampilkan kepada pengguna selama atau setelah instalasi perangkat lunak tertentu.

Baca juga: Apakah Mode Incognito Aman Untuk Privasi Dan Komputer Anda ?

Cara Kerja Adware

Cara Kerja Adware

1. Bundling

Adware sering kali menggunakan metode “bundling” untuk menyusup ke dalam sistem pengguna. Ini terjadi ketika adware disertakan bersama dengan perangkat lunak lain yang diunduh atau diinstal oleh pengguna. Pengguna yang tergesa-gesa atau tidak membaca dengan cermat selama proses instalasi mungkin tidak menyadari bahwa mereka juga menginstal hal ini.

2. Pemantauan Perilaku Pengguna

Beberapa jenis adware mengumpulkan data tentang perilaku pengguna. Ini bisa mencakup informasi tentang situs web yang dikunjungi, aktivitas pencarian, dan bahkan data pribadi tertentu. Hal ini menggunakan informasi ini untuk membuat profil pengguna, sehingga iklan yang ditampilkan dapat disesuaikan dengan minat dan preferensi pengguna.

3. Penyisipan Iklan

Adware utama ditandai dengan kemampuannya menyisipkan iklan di berbagai tempat dalam pengalaman online pengguna. Iklan dapat muncul sebagai pop-up, banner, atau tautan teks. Ini tidak hanya mengganggu, tetapi juga dapat memperlambat kinerja browser dan mengakibatkan pengalaman pengguna yang kurang memuaskan.

4. Mengubah Pengaturan Browser

Beberapa adware dapat mengubah pengaturan browser tanpa persetujuan pengguna. Ini termasuk mengganti halaman beranda, mesin pencari default, atau menambahkan ekstensi dan toolbar yang tidak diinginkan. Perubahan ini dapat membuat pengguna merasa kehilangan kendali atas pengalaman mereka dalam menggunakan internet.

5. Pembaruan Otomatis

Jenis malware yang satu ini sering kali memiliki kemampuan untuk memperbarui dirinya sendiri secara otomatis. Ini dapat mencakup perubahan dalam jenis iklan yang ditampilkan atau strategi untuk menghindari deteksi oleh perangkat lunak keamanan. Kemampuan ini membuat hal ini sulit diatasi oleh pengguna yang tidak berpengalaman.

6. Pencurian Data

Sebagian besar adware, terutama yang lebih agresif, dapat mengumpulkan dan mengirimkan data pribadi pengguna ke server eksternal tanpa sepengetahuan atau izin pengguna. Ini menciptakan risiko privasi yang serius dan dapat mengarah pada penyalahgunaan informasi pribadi.

7. Kesulitan Dihapus

Beberapa adware sengaja dirancang untuk sulit dihapus. Mereka mungkin menyembunyikan file dan entitas mereka di berbagai bagian sistem operasi atau menggunakan teknik lain untuk menghindari deteksi dan penghapusan oleh program anti-malware.

Jenis-Jenis Adware

1. Adware Penyisip Iklan

Adware ini adalah jenis yang paling umum, yang tujuannya adalah menyisipkan iklan dalam berbagai bentuk di dalam pengalaman pengguna. Ini bisa termasuk pop-up yang mengganggu, banner yang muncul di halaman web, atau tautan teks yang disematkan dalam konten. Hal ini biasanya mencari cara untuk memonetisasi tayangan atau klik iklan.

2. Adware Browser Hijacker

Hal ini lebih fokus pada mengubah pengaturan browser tanpa persetujuan pengguna. Ini bisa mencakup mengganti beranda, mengubah mesin pencari default, atau menambahkan ekstensi yang tidak diinginkan. Sebagai contoh, beberapa adware browser hijacker dapat mengarahkan pengguna ke situs web tertentu atau mengubah hasil pencarian.

3. Adware Spyware

Jenis adware ini tidak hanya menampilkan iklan tetapi juga mengumpulkan data pribadi pengguna. Ini bisa mencakup informasi seperti riwayat penelusuran, kata kunci pencarian, data login, dan bahkan informasi kartu kredit. Data ini kemudian dapat digunakan untuk profil pemasaran atau kegiatan yang lebih merugikan seperti pencurian identitas.

4. Adware Mobile

Dikembangkan khusus untuk perangkat mobile, hal ini menyisipkan iklan di dalam aplikasi atau bahkan merubah pengaturan perangkat seperti ponsel cerdas atau tablet. Pengguna mobile sering kali menjadi sasaran karena penggunaan perangkat mereka untuk berbagai kegiatan online.

5. Adware Auto-Installer

Jenis adware ini memiliki kemampuan untuk menginstal dirinya sendiri tanpa interaksi pengguna yang jelas. Ini mungkin memanfaatkan kelemahan keamanan atau celah di sistem untuk menyuntikkan dirinya tanpa sepengetahuan pengguna.

6. Adware Fileless

Berbeda dengan adware tradisional, adware fileless tidak menyimpan file fisik di sistem. Sebaliknya, ia dapat hidup di dalam memori atau menggunakan bagian sistem lainnya untuk beroperasi, membuatnya lebih sulit dideteksi oleh perangkat lunak keamanan.

7. Adware Macro

Adware ini menggunakan makro dalam dokumen atau file untuk menyisipkan dirinya sendiri. Ini seringkali terkait dengan adware yang menargetkan program seperti Microsoft Office, dimana makro dapat diaktifkan secara otomatis.

8. Adware Click-Fraud

Bertujuan untuk meningkatkan jumlah klik pada iklan tertentu tanpa memberikan nilai yang sebenarnya kepada pengguna. Hal ini dapat merugikan pengiklan dengan menghasilkan data yang tidak akurat dan mengurangi kredibilitas kampanye iklan.

9. Adware Shopping

Fokus pada menampilkan iklan yang terkait dengan belanja online. Hal ini mungkin muncul saat pengguna mengunjungi situs web e-commerce atau mencari produk tertentu, mencoba memengaruhi keputusan pembelian mereka.

10. Adware Game

Ditargetkan pada permainan atau aplikasi hiburan. Yang satu ini dapat menyisipkan iklan di dalam permainan atau menampilkan iklan setelah pengguna selesai bermain, mencoba memaksimalkan paparan iklan kepada pengguna.

11. Adware Social Media

Menyisipkan iklan dalam platform media sosial. Ini dapat muncul sebagai iklan berbayar atau berpartisipasi dalam praktik seperti “like farming,” di mana hal ini mencoba mendapatkan banyak “like” untuk halaman tertentu.

Cara Mengatasi Adware

Mengatasi adware melibatkan serangkaian langkah untuk menghapus adware yang sudah menginfeksi dan mencegah infeksi di masa mendatang. Berikut adalah beberapa cara untuk mengatasi hal ini:

Gunakan Perangkat Lunak Anti-Malware

Gunakan perangkat lunak anti-malware atau anti-virus yang dapat mendeteksi dan menghapusnya. Pastikan perangkat lunak tersebut selalu diperbarui agar dapat mengenali adware terbaru.

Pindai Sistem secara Berkala

Lakukan pemindaian rutin pada sistem Anda untuk memastikan bahwa tidak ada adware yang terlewat. Scheduling pemindaian secara otomatis dapat membantu mencegahnya masuk ke sistem tanpa terdeteksi.

Uninstall Program yang Mencurigakan

Lihat daftar program yang terinstal di komputer Anda dan uninstall program-program yang mencurigakan atau tidak diinginkan. Biasanya, hal ini sering tersembunyi di balik aplikasi yang tampaknya tidak berbahaya.

Periksa Ekstensi dan Add-ons Browser

Periksa ekstensi atau add-ons di browser Anda. Hapus ekstensi yang mencurigakan atau tidak dikenali, terutama jika mereka menyebabkan perubahan pada pengaturan browser.

Atur Kembali Pengaturan Browser

Jika browser Anda terpengaruh, atur ulang pengaturan browser seperti halaman beranda dan mesin pencari default ke pengaturan yang benar. Pastikan untuk memeriksa pengaturan tambahan yang mungkin telah diubah olehnya.

Hapus Cookies dan Data Browser

Membersihkan cookies dan data browser dapat membantu menghapus informasi yang mungkin dikumpulkan olehnya. Penghapusan ini juga dapat membantu meningkatkan kinerja browser.

Perbarui Perangkat Lunak

Pastikan sistem operasi, browser, dan perangkat lunak keamanan Anda selalu diperbarui. Pembaruan ini seringkali mencakup perbaikan keamanan yang dapat melindungi sistem dari adware dan ancaman lainnya.

Hati-hati saat Mengunduh

Hindari mengunduh perangkat lunak dari sumber yang tidak dapat dipercaya. Pilih sumber unduhan yang resmi atau terpercaya, dan baca ulasan sebelum mengunduh perangkat lunak baru.

Gunakan Mode Aman Saat Pemindaian

Jika adware sulit dihapus, coba jalankan pemindaian anti-malware dalam “Mode Aman” untuk memastikan bahwa adware tidak aktif selama pemindaian.

Buat Backup Data

Sebelum melakukan tindakan pembersihan yang lebih lanjut, pastikan untuk membuat backup data penting Anda. Ini akan membantu melindungi data Anda jika terjadi masalah selama proses penghapusannya.

Tanda Sistem Terjangkit Adware

Adware dapat menunjukkan beberapa tanda di sistem Anda. Pemahaman akan tanda-tanda ini dapat membantu Anda mengidentifikasi dan mengatasi hal ini dengan lebih efektif. Berikut adalah beberapa tanda sistem terjangkit oleh hal ini:

Munculnya Iklan yang Tidak Diinginkan

Penyisipan iklan yang tidak diinginkan adalah tanda paling umum adware. Jika Anda mulai melihat iklan yang muncul di tempat-tempat yang tidak biasa, terutama di luar browser, itu bisa menjadi indikasinya.

Perubahan Tiba-tiba pada Pengaturan Browser

Adware browser hijacker dapat merubah pengaturan browser seperti beranda, mesin pencari default, atau menambahkan ekstensi tanpa persetujuan Anda. Jika Anda melihat perubahan ini tanpa izin, mungkin ada adware di sistem Anda.

Penurunan Kinerja Sistem

Beberapa jenis adware dapat membebani sumber daya sistem dan menyebabkan penurunan kinerja. Jika komputer Anda tiba-tiba lebih lambat daripada biasanya, hal ini mungkin menjadi penyebabnya.

Munculnya Toolbar yang Tidak Dikenali

Hal ini seringkali menyertakan toolbar atau ekstensi browser yang tidak dikenali. Jika Anda melihat toolbar baru atau ekstensi yang tidak diinginkan, itu bisa menjadi tandanya.

Pengalihan Browser yang Tidak Dikehendaki

Hal ini dapat menyebabkan pengalihan browser yang tidak diinginkan, membawa pengguna ke situs web yang tidak relevan atau berpotensi berbahaya.

Pop-up yang Berlebihan

Hal ini cenderung menciptakan pop-up iklan yang berlebihan. Jika pop-up muncul secara terus-menerus dan terkait dengan iklan, itu bisa menjadi tandanya.

Pengaturan Pencarian yang Tidak Dikenali

Adware dapat memodifikasi hasil pencarian dengan menambahkan iklan atau mengubah tautan yang seharusnya mengarahkan ke situs tertentu.

Munculnya Aplikasi yang Tidak Dikenal

Hal ini terkadang menyertakan atau menginstal aplikasi yang tidak dikenali di sistem Anda. Periksa daftar aplikasi yang terinstal untuk menemukan yang mencurigakan.

Pembaruan Otomatis yang Mencurigakan

Beberapa adware memiliki kemampuan untuk memperbarui diri secara otomatis. Jika Anda melihat pembaruan yang mencurigakan atau tanpa izin, itu bisa menjadi tandanya.

Perekaman Aktivitas Pribadi

Adware spyware dapat merekam aktivitas online Anda. Jika Anda mulai melihat iklan yang sangat sesuai dengan aktivitas atau minat Anda, itu bisa menjadi indikasinya yang memantau aktivitas Anda.

Baca juga: Pentingnya Keamanan Siber Next-Generation

Cara Mencegah Adware

Pencegahan Adware

Mencegah adware memerlukan pendekatan holistik yang melibatkan kombinasi kebijakan keamanan digital, perilaku bijak dalam berinternet, dan penggunaan alat keamanan yang tepat. Berikut adalah penjelasan lebih rinci untuk strategi pencegahannya:

Pilih Sumber Unduhan yang Terpercaya

Penting untuk hanya mengunduh perangkat lunak dari sumber yang terpercaya dan resmi. Situs web resmi, toko aplikasi yang dikenal, atau pengembang yang sah merupakan sumber yang lebih aman daripada situs web yang mencurigakan atau tidak dikenal.

Perbarui Perangkat Lunak Secara Rutin

Perangkat lunak yang tidak diperbarui seringkali memiliki celah keamanan yang dapat dimanfaatkan oleh hal ini. Pastikan untuk secara rutin memeriksa dan memperbarui sistem operasi, peramban, dan perangkat lunak keamanan Anda.

Gunakan Perangkat Lunak Keamanan yang Terkini

Investasikan dalam perangkat lunak anti-malware dan anti-virus yang terkini. Pilih solusi keamanan yang tidak hanya mendeteksi adware tetapi juga menyediakan perlindungan terhadap berbagai jenis ancaman online.

Baca Ulasan Sebelum Mengunduh

Sebelum mengunduh perangkat lunak baru, lakukan riset terlebih dahulu dengan membaca ulasan dari pengguna lain atau sumber keamanan terpercaya. Ulasan dapat memberikan wawasan tentang reputasi dan keandalan perangkat lunak.

Periksa Persyaratan Instalasi

Saat menginstal perangkat lunak, baca setiap langkah instalasi dengan cermat. Hindari mengizinkan instalasi komponen tambahan yang tidak diperlukan dan cermati izin yang diminta oleh program.

Hati-hati Terhadap Iklan Menyesatkan

Iklan sering digunakan sebagai vektor untuk menyebarkan adware. Berhati-hatilah terhadap iklan yang menjanjikan sesuatu yang terlalu baik untuk menjadi kenyataan atau yang terasa menyesatkan.

Gunakan Mode Pencarian Aman

Pilih mesin pencari yang aman dan hindari mengunduh perangkat lunak dari hasil pencarian yang mencurigakan. Mesin pencari terkemuka memiliki fitur keamanan yang dapat membantu mengidentifikasi situs web berbahaya.

Periksa Izin Aplikasi dan Ekstensi

Sebelum menginstal aplikasi atau ekstensi, periksa izin yang diminta. Jika suatu aplikasi meminta izin yang tidak relevan atau berlebihan, pertimbangkan untuk tidak melanjutkan instalasi.

Hindari Mengklik Tautan yang Mencurigakan

Jangan mengklik tautan dari email yang mencurigakan atau situs web yang tidak dikenal. Tautan ini dapat membawa Anda ke situs web yang menyebarkan adware atau malware.

Gunakan Firewall yang Kuat

Aktifkan firewall pada perangkat Anda untuk memantau lalu lintas internet dan melindungi dari akses yang tidak sah atau potensial berbahaya.

Bersihkan Cookies dan Data Browser Secara Teratur

Cookies dan data browser dapat digunakan oleh hal ini untuk melacak aktivitas online Anda. Bersihkan secara rutin untuk meminimalkan risiko pemantauan yang tidak diinginkan.

Pertimbangkan Penggunaan Ad Blocker

Ad blockers dapat membantu mencegah iklan invasif dan pop-up yang sering terkait dengannya. Namun, perlu diingat bahwa beberapa situs web bergantung pada iklan untuk pendapatan, jadi pertimbangkan dengan bijak.

Pendidikan Keamanan Digital

Tingkatkan pengetahuan Anda tentang keamanan digital dan bagikan informasi ini dengan anggota keluarga atau teman. Pendidikan ini dapat membantu mereka mengidentifikasi dan mencegah hal ini.

Kesimpulan

Adware mungkin terlihat seperti masalah kecil, tetapi dampaknya dapat merusak pengalaman pengguna, membahayakan keamanan, dan melanggar privasi. Menggunakan perangkat lunak keamanan yang canggih dan mengadopsi tindakan pencegahan adalah langkah-langkah penting untuk membersihkan jejaknya dari perangkat kita. Dengan pemahaman yang lebih baik tentang cara kerjanya dan ancaman yang mungkin timbul, kita dapat menjelajah dunia digital dengan lebih aman dan nyaman.

Cegah Adware dengan Panda Security

Lindungi Perangkat Anda dari Adware Berbahaya

Bisnis dan kehidupan digital Anda berharga, dan Panda Security adalah mitra terpercaya untuk menjaganya. Produk kami telah dirancang untuk memberikan perlindungan tuntas dari adware yang mengganggu. Adware bisa mengancam privasi Anda dan mengganggu kinerja perangkat Anda. Dengan Panda Security, Anda bisa tidur nyenyak, mengetahui bahwa perangkat Anda dan data pribadi Anda selalu aman.

Manfaatkan fitur-fitur berikut:

  • Deteksi dini adware yang canggih
  • Penghapusan otomatis adware yang terdeteksi
  • Privasi yang dijaga dengan ketat

Nikmati Kinerja Perangkat yang Maksimal

Adware tidak hanya mengancam keamanan, tetapi juga mengganggu performa perangkat Anda. Dengan Panda Security, Anda tidak hanya mendapatkan perlindungan yang kuat, tetapi juga performa maksimal. Produk kami dirancang untuk menjaga perangkat Anda tetap responsif dan bebas dari serangan siber yang merugikan.

Nikmati keunggulan seperti:

  • Kinerja perangkat yang tak terpengaruh
  • Penggunaan sumber daya minimal
  • Navigasi internet yang lancar

Jadwalkan Demo dan Konsultasi Gratis dengan Kami disini

Baca juga: 4 Problem dan Solusi Keamanan Siber Selama CoronaVirus


Popular Posts