17 December 2018
Category Technology
17 December 2018,
 Off

Setiap perusahaan pasti mempunyai segala cara untuk membuat produknya lalu dipasarkan mulai dari memperbaiki kualitas produk, melakukan kerja sama, dan yang pastinya mengembangkan media pemasaran atau marketing. Apalagi media sekarang ini sudah banyak sekali jadi kalian bisa memanfaatkan tersebut untuk melakukan pemasaran atau marketing. 

Peningkatan dari segala aspek ini merupakan upaya nyata yang dilakukan oleh pihak perusahaan agar produk yang ditawarkan kepada konsumen tetap eksis dan tidak mau kalah dengan produk milik pesaing. Nah untuk itu perusahaan sangat membutuhkan tenaga Digital Marketing karena memang ujung tombak penjualan adalah marketing, barang  yang kurang berkualitas bisa laris manis dipasaran juga karena strategi marketing. 
Lalu apa sih itu Digital Marketing?

Pengertian Digital MarketingDigital marketing adalah orang yang bertanggung jawab atas segala sesuatu yang berhubungan dengan marketing dan branding yang dilakukan secara online. Cara kerja digital marketing juga lebih simple dibanding marketing pada umumnya karena tidak perlu mobile dan hanya perlu akses melalui, Laptop, PC atau bahkan smartphone canggih yang dimilikinya karena memang inilah yang menjadi kelebihan digital dibanding bagian marketing secara umum.

Hal-hal yag dierhatikan dalam dunia Digita Marketing

1.    Menguasai Sosial Media

Tugas dasar digital marketing itu kan memasarkan produk melalui media online seperti facebook, instagram, twitter, atau toko online. Kebanyakan digital marketing beroperasi pada aplikasi atau sosial media yang memiliki banyak user, karena memang sekarang ini kebanyakan orang berinteraksi dengan sosial media. 

 

2.    Memaksimalkan Website Perusahan

Saat ini kebanyakan orang membaca informasi melalui media online seperti website. Jadi inilah menjadi kesempatan untuk digital marketing dalam mempromosikan produknya. Saat ini hampir setiap perusahaan memiliki website pribadi yang bertujuan untuk mengenalkan dan menarik minat konsumen.

Dalam beberapa kasus, website perusahaan tidak dibuat oleh divisi IT melainkan dibuat langsung oleh digital marketing agar bisa lebih mengexplore sisi pemasaran pada sebuah website perusahaan.

 

3.    Mempelajari Strategi Pesaing

Hal ini tentunya menjadi PR seorang digital marketing, Kenapa? Karena jika pesaing memiliki strategi yang lebih jitu untuk memasarkan produk, maka tugas seorang digital marketing dituntut untuk harus dapat meracik strategi yang lebih mujarab dibanding strategi pesaing.

Seorang digital marketing juga harus jeli melihat kelemahan strategi pesaing untuk melakukan invers strategi yang akan diterapkan dalam pemasarannya. Dalam kondisi ini tentunya, seorang digital marketing dituntut untuk dapat memunculkan ide-ide baru yang kreatif melalui pemasaran produk atau jasa perusahaan.

BACA JUGA : CARA JITU PEMASARAN ONLINE (DIGITAL MARKETING)

 

4.    Membuat Konten yang Menarik

Banyak cara yang bisa dilakukan seorang digital marketing untuk memasarkan produknya di media online, salah satunya yaitu mampu membuat konten iklan. Untuk menguasai digital marketing, seorang digital marketer harus mampu membuat konten iklan yang menarik agar konsumen dapat tertarik untuk melihatnya.

Iklan yang dibuat oleh seorang digital marketing akan ditampilkan di media online seperti facebook, instagram, dan website. Iklan yang menaik tidak harus berbentuk ramai akan gambar dan warna, ada pula iklan yang hanya berbentuk tulisan untuk memancing konsumen. Jadi pada intinya kalau kamu mampu membuat konten yang menarik, tentunya konsumen juga akan tertarik ingin melihatnya.

 

5.    Menguasai Ilmu SEO

Nah ini tentunya syarat yang harus kamu perhatikan kalau ingin menjadi digital marketing, jadi apa itu SEO? Jadi SEO itu adalah search engine optimization yaitu upaya untuk mengoptimalkan website atau konten di mesin pencari agar tampil di halaman pertama. Seperti contoh kamu mempunyai produk baju nih, nah kalau misalkan orang lain mencari produk di google pasti dia akan mencari menggunakan keyword “jual baju murah”, tentunya hal ini harus kamu manfaatkan supaya keyword itu bisa kamu bisa kamu taru di website anda dan bisa mengoptimalkan agar tampil di halaman pertama. Karena dengan hal ini akan mempermudah konsumen melakukan pencarian di mesin pencari pada PC, Laptop maupun smartphone.

Pendapatan dari Digital Marketing

Untuk pendapatan dari digital marketing ini menurut hasil riset saya dapat dari beberapa sumber, untuk fresh graduate berkisaran 3.000k – 5.000k, untuk middle berkisaran 6.000k– 9.000k, dan untuk senior  10.000k – 15.000k.

Akhir Kata

Nah itu dia informasi mengenai pengetian, tugas, dan gaji dari seorang digital marketing. apakah kalian tertarik ingin menjadi seorang digital marketing?.

Semoga dengan adanya artikel ini dapat bermanfaat buat kalian yang sedang mencari informasi seputar Pengertian Digital Marketing | Tugas Digital Marketing | Tanggung Jawab Digital Marketing 

Comments are closed.