19 November 2019
19 November 2019,
 Off

Hampir semua dari kalian pasti pernah melihat film perang bukan? Film yang berisi tentang pembunuhan yang melibatkan banyak orang.Dalam film itu kalian juga bisa melihat dampak yang ditimbulkan dari perang itu seperti kehancuran dan terbunuhnya sejumlah orang dan pendudukan wilayah.Nah mungkin dizaman sekarang sudah tidak ada namanya perang fisik seperti itu,namun sekarang sedang maraknya perang yang disebut Cyber War.Untuk lebih jelasnya simak ulasan berikut ini….

Pengertian

Secara sederhana arti dari Cyber War itu adalah perang yang tidak melibatkan fisik dan terjadi di belakang layar dan tentunya tidak terlihat jelas.Tapi bahayanya adalah potensi yang ditimbulkan oleh Cyber War ini bisa jadi sama membahayakannya dengan perang secara fisik.

            Biasanya Cyber War ini meliputi dua negara yang sedang mengalami pertikaian dan mereka menggunakan Cyber War ini sebagai media perangnya.Tujuan mereka melakukan itu seperti mencuri data hingga melumpuhkan sistem yang dimiliki oleh negara musuh.Dengan perkembangan teknologi khususnya internet yang sangat pesat,bukan tidak mungkin Cyber War dapat dengan mudah dilakukan.

            Jika diperhatikan lebih jelas,setiap hari negara-negara di dunia terlibat dalam Cyber War ini.Indonesia sendiri pernah terlibat ‘cyber war‘ dengan Malaysia dan Australia, saat hubungan antar negara mengalami ketegangan beberapa waktu lalu, tapi sepertinya ‘perang’ itu bukan disponsori oleh negara.

Asal-Usul Cyber War

Asal-usul Muncul isu Cyber War terjadi pada tahun 2007 di Estonia. Kejadian bermula ketika pemerintah Estonia mengumumkan rencana untuk memindahkan tugu peringatan perang Soviet. Setelah ada pengumuman tersebut, pemerintah Estonia menemukan bahwa terjadi peretasan pada sistem perbankan dan layanan pemerintah offline. Serangan itu dianggap sebagai serangan dari peretas Rusia, dan pihak berwenang Rusia membantah serangan itu. Namun aksi ini tidak menimbulkan kerusakan fisik dan tidak signifikan sehingga belum dikategorikan sebagai cyber war.

Di tahun yang sama sebagai tonggak lahirnya cyber war, Laboratorium Nasional Idaho membuktikan melalui Uji Generator Aurora bahwa serangan digital pada cyber war dapat digunakan untuk menghancurkan benda-benda fisik. Dalam percobaan tersebut, generator Aurora yang mengalami kerusakan fisik.

Serangan Stuxnet pada 2010 membuktikan bahwa cyber wardapat berdampak pada dunia nyata. Cyber war yang paling serius terjadi tepat sebelum Natal 2015 di Ukraina. Peretas berhasil mengganggu pasokan listrik di beberapa bagian Ukraina dengan menggunakan Trojan terkenal yang disebut Black energy. Pada Maret 2016, tujuh peretas Iran dituduh berusaha menutup bendungan New York.

Itulah ulasan mengenai Pengertian Cyber War,semoga dunia khususnya Indonesia cepat-cepat berdamai agar perdamaian didunia kembali terjalin..

Sekian dan semoga bermanfaat

Baca Juga:

Backup dan Restore Data

Comments are closed.

Next Post
Sekarang, Flashdisk dengan ukuran 16GB – 64GB sangat populer, dan…